Cara agar Cepat Melahirkan Sebelum Hari Perkiraan Lahir


Melahirkan Setelah melewati hari perkiraan lahir (HPL) memiliki banyak resiko dan meningkatkan kemungkinan caesar. Banyak ibu yang ingin melakukan persalinan sebelum hari perkiraan lahir dengan berbagai alasan. Berikut ini adalah beberapa cara agar cepat melahirkan sebelum HPL.
Amankah Melahirkan Sebelum HPL?
Pada umumnya hari perkiraan lahir berkisar pada munggu ke-40 kehamilan, namun dengan beberapa alasan tertentu seperti alasan keselamatan janian, ingin lahir normal atau ingin cepat bertemu sang buah hati. Namun persalinan sebelum HPL juga memiliki rentang waktu ideal, tidak bisa terlalu jauh dari HPL itu sendiri.
Waktu yang disarankan adalah ketika usia kandungan sudah melewati minggu ke-38 hingga minggu ke-40. Pada rentang waktu ini bayi akan mengalami peningkatan lemak tetapi organ vital dan jalan lahir sudah selesai melakukan proses tumbuh kembangnya.
Melahirkan sebelum minggu ke-38 tidak disarankan karena kurang aman dan memiliki resiko yang tinggi. Hal ini disebabkan fungsi dari organ-organ bayi yang belum berkembang secara sempurna. Jika usia kandungan Anda sudah melewati minggu ke-38, cara agar cepat melahirkan sebelum HPL ini bisa Anda lakukan.
Rajin Berjalan Kaki
Berjalan kaki secara rutin dapat membantu proses persalinan Anda lebih cepat. Namun jangan terlalu sering karena bisa mengakibatkan kelelahan. Ketika usia kandungan Anda sudah mencapai minggu ke-38 maka Anda dapat melakukan jalan kaki secara rutin.
Anda dapat melakukan jalan santai pada pagi dan sore hari mengelilingi taman atau area sekitar rumah. Berjalan kaki dapat membantu posisi bayi masuk ke jalan lahir lebih bawah lagi, dan ingat hanya jalan kaki. Jangan melalukan lari atau aktivitas berat lainnya karena dapat beresiko perdarahan saat hamil.
Senam Hamil
Senam hamil juga bisa menjadi salah satu cara yang cukup membantu Anda mempercepat proses persalinan. Lakukanlah gerakan-gerakan senam hamil yang aman bagi Anda dan janin. kegiatan ini berguna untuk merangsang janin dan mempercepatkontraksi rahim. Anda bisa mulai melakukan senam pada saat usia kandungan lebih dari 38 minggu.
Stimulasi Putting
Memberikan rangsangan pada puting merupakan salah satu cara mempercepat proses persalinan. Merangsang putting payudara dapat meningkatkan hormone oksitoksin, merupakan hormon yang dapat mempercepat kontraksi.
Anda dapat melakukan rangsangan putting dengan memijat-mijat payudara secara perlahan-lahan. Lakukanlah hal ini selama kurang lebih 5 menit, dengan melakukan hal ini secara rutin dapat mempercepat proses kehamilan sebelum HPL.
Mengepel
Mengepel yang dimaksud bukan mengepel dengan menggunakan alat, tetapi mengepel menggunakan kain lap sehingga posisi tubuh Anda menungging. Posisi menungging merupakan salah satu cara yang dapat mempercepat proses persalinan sebelum HPL. Istirahatlah jika Anda sudah mulai lelah dan jangan terlalu memaksakan diri.
Berhubungan Intim
Ketika sudah memasuki usia minggu ke-38, disarankan untuk melakukan hubungan suami istri lebih sering. Hal ini dikarenakan sperma yang masuk ke dalam vagina mengandung prostaglandin yang cukup berperan dalam kontraksi rahim. Hubungan intim juga dapat dimaknai sebagai induksi alami dalam proses kehamilan.
Beberapa cara agar cepat melahirkan yang sudah dijelaskan di atas dapat Anda lakukan hanya saat usia kandungan sudah mencapai 38 minggu. Semoga pembahasan ini bermanfaat dan dapat mempercepat proses persalinan Anda. Berbagai artikel dengan tema sejenis dan informasi seputar parenting dapat Anda baca di Orami Magazine dengan mengunjungi laman orami.co.id

Komentar